Jumat, 18 Oktober 2013

10 WEBSITE FAVORIT PILIHAN “MENGAKU BACKPACKER”

 

CRACKED HEADLINES

Apa kabar readers? Kali ini dalam episode khusus 2 tahun Blog Mengaku Backpacker, gue selaku admin bakal membagi sedikit rahasia gue pada kalian. Yap, kali ini admin akan membagi 10 blog favorit admin yang kerap kali menjadi inspirasi dalam menulis berbagai postingan di blog ini. Banyak yang isinya arsitektur hingga top ten yang aneh2 dan keren. Tapi tetep saja, tiap postingan yang admin buat nggak pernah copy paste dari blog2 tersebut, melainkan tetap gue beri sentuhan khas admin Mengaku Backpacker *alias ngawur maksudnya hehehe*. Tapi 10 website ini memang cocok buat mencari inspirasi. Ini dia!

1. Bored Panda

BORED PANDA

Blog keren ini berisi hal2 yang unik dan menarik, mulai dari artikel top ten hingga foto yang keren2. Bagus banget lah buat yang ingin melihat dunia dari kacamata seorang “Bored Panda” hehehe. This website is totally recommended guys!

2. Oddee

ODDEE

Dari namanya udah jelas kalo blog ini menghadirkan hal2 yang aneh2. Banyakan postingannya berupa list (nggak harus top ten) dengan tema yang unik2 dan kadang2 bikin menganga juga pas bacanya. Bagus buat menambah wawasan kalian.

3. Cracked

Cracked_logo_y

Cracked adalah blog top ten dengan sentuhan humor. Lumayan lucu juga sih, tapi yah siap2 dengan lelucon khas Amrik yang kadang2 kasar penuh dengan kata2 f*ck, sh*t, WTF, dll.

4. Weburbanist

WEBURBANIST

Bagi pecinta seni dan arsitektur, blog ini nggak boleh dilewatin. Blog ini banyak menghadirkan top ten yang unik dan menarik.

5. Inhabitat

INHABITAT

Blog ini berisi berita terbaru tentang bangunan2 ramah lingkungan. Buat kalian pecinta arsitektur hijau pasti langsung menyukainya. Tapi yah, beberapa postingannya sih agak bombastis mirip fiksi ilmiah gitu.

6. Webecoist

WEBECOIST

Website ini menghadirkan top ten (nggak selalu sih, kadang top 8, top 12, ada angkanya lah pokoknya) tapi yang berkaitan dengan alam. Foto2nya juga keren. Pas deh buat pecinta alam.

7. Scary for Kids

SCARY FOR KIDS

Nah, ini nih kubagi rahasiaku gimana bisa bikin cerita2 urban legend serem yang langsung bikin pengen pipis pas baca. Ternyata dari blog Scary For Kids yang dari namanya udah jelas kalo blog ini isinya cerita serem buat anak2 hehehehe. Tapi kuperingatin ya, gambar2 di situs ini lumayan serem, aku aja nggak berani buka malem2.

8. Wijanarko’s Travelog

WIJANARKO

Blog ini wajib di-follow buat para backpacker soal isinya cerita jalan2 dari Bung Tri Setyo Wijanarko yang menurutku penuh dengan tips yang sangat berguna. Cocok lah buat backpacker seperti kita.

9. Enigma

ENIGMA

Nah, ini nih blog yang paling penuh misteri di Indonesia. Pertama isinya emang membahas hal2 misterius yang ada di dunia ini. Namun bukannya mengumbar kemistisan, blog ini malah menawarkan penjelasan masuk akal terhadap fenomena2 tersebut. Tiap peristiwa yang berbau mistis dibahas satu-persatu secara akal sehat. Kedua, secara misterius pada 2011 admin blog ini menghilang tiba2 meninggalkan para pembacanya penuh tanda tanya. Dan secara mengejutkan, pada 2013 beliau kembali bahkan menerbitkan sebuah buku. Namun aku jadi curiga, jangan2 dia bukan admin yang asli, melainkan alien????

10. Kritikus Film Gadungan

KFG

Ini dia blog paling kocak se-Indonesia menurutku. Gila banget postingannya, apalagi adminnya yang namanya Timothy Stevano, waduuuh parah tuh orang. Baca aja review film Man of Steel, Hansel and Gretel, Azrax, ampe review makanan gadungan-nya, ngocol abiiiiis.

Nah, itulah guys 10 blog atau website yang selalu gue ikutin dan menjadi inspirasi dalam setiap tulisan admin. Keren2 deh blognya, buktikan sendiri (cuma kebanyakan dalam bahasa Inggris, kecuali 3 blog terakhir. Nggak rugi deh kalo di-follow.

10 TIPS NGE-BLOG ALA “MENGAKU BACKPACKER” #DIJAMIN GAGAL#


i_love_blogging1

Are you a blogger guys? Nggak necessary kudu pake blogspot lho, bisa aja kalian pake wordpress atau yang laennya, yang penting kalian hobi banget nulis di blog. Kalo iya, mungkin kalian udah pengalaman mumpuni bikin blog dan punya banyak followers. Namun buat yang lagi belajar bikin blog, berikut ini admin bakal bagi tips2 oke (tapi sayangnya ngawur) buat membikin blog yang yaaa...lumayan lah. Yang penting blognya nggak nyampe diamuk massa aja hehehe *nggak segitunya juga kale* Nah, disimak ya ....

1. Tips pertama: Forget SEO

Waktu pertama2 bikin blog, gue sempet khawatir banget ama statistik blog aku *galau mode on*. Aduuuh gimana nih kalo blog gue nggak laku? Gimana nih kalo nggak ada yang baca? Gimana nih kalo yang baca ngikutin gue ampe ke rumah gara2 saking jeleknya blog gue? #skizofrenia mode on# Hahaha lebay, tapi emang kudu diakuin guys, itulah ketakutan pertama para blogger yang baru memulai terjun ke lembah nista, eh, ke dunia blogging.

Makanya pertama2 gue nge-blog, gue langsung browsing teknik2 SEO. Dan sumpah guys ... pusing bacanya. Secara gue tuh orangnya agak2 gaptek gitu, nggak paham istilah2 IT (ndeso lagi). Ampe sekarang aja gue nggak ngerti apa itu backlink dan segala macam. Makanya, gue ngeblog cuman modal nekad ama modal kegantengan gue aja men *hueeeeek*. Dan ternyata it works guys. Bahkan tanpa teknik SEO tingkat tinggi aja stats blog gue naek terus (tapi harus gue akuin, mungkin dengan teknik SEO stats blog gue bakalan lebih tinggi lagi).

Harus kita akuin, SEO tuh cuman teknik. Semisal dulu kalo kita ulangan, guru kita selalu nyuruh kita nulis dengan jelas dan rapi biar mudah dibaca. Nah, menulis dengan rapi dan indah itulah teknik SEO. Namun tetep aja jawaban kita pas ulangan (bener apa nggak) alias isi blog dan postingan kita, itulah yang terpenting. Ngerti kagak sih perumpamaan gue *soalnya gue aja kagak ngerti hahaha*

2. Tips kedua: Find yourself

Pertama kali sebelum bikin blog, kalian harus menanyakan pertanyaan yang paling utama kepada lubuk hati dan relung jiwa kalian yang terdalam,

“Siapakah aku ini?”

Apa aku Susi? Apa aku Bambang? Apa aku the next Farah Quinn? Apa aku calon idola Indonesia masa depan? Pertanyaan ini penting soalnya blog kita adalah identitas kita. Blog kita adalah jiwa kita. Semisal nih, kamu adalah penggila drama Korea, ya udah bikin aja blog tentang segala hal mengenai drakor, nggak susah kan? Kalo disuruh bikin postingan tentang prediksi liga Champion, ya kalian nggak bakal bisa lah *kalopun dipaksa pasti juga isinya ancur* Jadi, blog kalian harus mencerminkan diri kalian sendiri.

Nah, sesudah menentukan tema blog, kalian juga harus menemukan gaya menulis kalian. Gaya menulis tiap orang berbeda2 guys, ada yang menulis dengan saklek pake EYD dan KBBI, ada yang menulis dengan bahasa gaul dan gokil, ada juga yang alay *tapi admin nggak lho* Yang jelas, apapun gaya menulis kalian, minumnya teh botol sosro #halah# Eh salah hehehe. Maksudnya apapun gaya menulis kalian, jangan ampe bikin pembaca bosen gara2 gaya bahasa kalian terlalu “flat”. Tapi juga nggak perlu berlebihan banget bahasanya. Ini adalah contoh yang tidak baik.
Langit semakin mencekam. Kawanan awan mendung semakin kelam, membelenggu matahari di balik sukmanya. Sang surya pun seolah membeku tak berdaya menghadapi hawa dingin hingga rona keindahannya makin terpuruk. Belitan kekhawatiran pun makin menggelayut bagi para insan dunia ciptaan Tuhan yang mengarungi samudra kehidupan di bawahnya. Bagaimana jika tetes-tetes air dari surga ini menaburkan benih-benih bencana di bumi pertiwi tercinta ini? Bagaimana jika sungai-sungai meluap, menenggelamkan anak-anak manusia yang mencoba mengais rezeki di bawah tatapan sendu cakrawala? Bagaimana jika amarah petir-petir menggelora memangsa jiwa-jiwa tak berdosa, sementara yang lain bersembunyi di gedung2 bertingkat dengan berbalut topeng kemunafikan? Maka dari itu pembaca, simaklah ramalan cuaca untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya yang bakal admin share kali ini … 
*Reaksi readers: GUBRAAAAAAK!!!!*
3. Tips ketiga: Read other blog

Nah, gimana nih kalo semisal kalian belum pede ama tulisan kalian atau belum nemuin gaya menulis yang tepat? Satu2nya cara adalah dengan banyak membaca blog lain. Dengan membaca banyak jenis postingan, kita bakal tahu mana postingan yang bagus dan mana yang nggak. Follow aja blog yang tulisannya enak, baik dari gaya menulis maupun isi postingannya. Kayak semisal nih, ini tiga postingan favorit gue dari blog2 lain yang bisa kalian jadikan pedoman. Yang pertama adalah:


Postingan ini kocaaaaaak banget sumpah. Isinya tips buat anak kost, tapi bahasanya ngocooool banget. Yang kedua lebih serius, berjudul:


Yang patut diperhatikan dari postingan ini adalah isinya yang benar2 berbobot. Postingan ini membahas tentang kesakralan perayaan Waisak umat Buddha yang “diinjak-injak” ama para fotografer yang pengen mengabadikan peristiwa “eksotis” tersebut dan lupa kalo itu sebenarnya adalah sebuah upacara keagamaan yang patut dihormati. Tulisannya benar2 kritis dan membuat kita berpikir. Namun beberapa orang yang berpikiran dangkal mungkin bakal terprovokasi.
Dan terakhir sebuah postingan berbahasa Inggris berjudul:


Tulisan ini dibuat oleh teman gue #sok ngaku2#. Isinya nggak cuma membahas tentang bangunan masjid saja, namun lebih dalam hingga mengupas tentang toleransi beragama dan konflik SARA. Setelah membacanya, kita pasti udah bisa nebak si pembuatnya adalah orang yang sangat cerdas. Nggak hanya isinya berbobot, pake bahasa Inggris pula #pengen bisa bikin postingan kayak gini hiks#

4. Tips keempat: Write from your heart

Kalo udah yakin mau nge-blog dan bikin tulisan, jangan lupa tulislah dari dalam hatimu. Mungkin terdengar agak klise guys, tapi banyak kok contoh admin blog yang menulis nggak dari hati. Contohnya mereka yang copy paste punya orang nggak pake izin. Menulis dari dalam hati berarti kamu nggak nulis hanya biar blog kamu dibaca banyak orang, tapi menulis karena kamu emang pengen nulis. Percaya deh, nulis sesuatu yang emang kamu pengen tulis itu rasanya lebih enak daripada kamu “terpaksa” nulis sesuatu buat mendongkrak popularitas blog kamu.

Tapi kebalikannya guys, jangan juga kamu nulis sesuatu yang nggak penting hanya karena kamu pengen. Semisal nih: “
“Gue hari ini jalan2 ke Ancol. Gue pacaran di sana. Enak banget deh. Terus gue pulang. The end.”
Langsung deh ditimpukin para readers kalo kamu buat tulisan nggak penting gitu *padahal yang baca udah serius* Sebaliknya, tulislah hal2 yang berguna buat pembaca, semisal ke Ancol paling cepet lewat mana atau naek bus apa, terus tips2 yang bisa dilakuin di Ancol, atau tulis pengalaman kamu pas diganggu hantu deket jembatan Ancol biar para readers yang baca bisa menghindari tempat itu, dll. Jadi tetep tulisan kamu ada manfaatnya buat readers.

5. Tips kelima: Write something original and positive

Nah, kalo kamu masih bingung mau nulis apa, gunakan saja teknik paling mudah yang selalu admin terapkan berikut ini.
“Bayangkan tulisan yang paling pengen kamu baca. Cari di google. Kalo belum ada, berarti itu tugas kamu untuk membuatnya.”
Contohnya: kamu pengen banget baca cerita urban legend yang serem. Namun sayang, cuman dikit blog yang isinya cerita2 serem kayak gitu. Nah, kamu jadi merasa terpanggil buat nulis cerita2 urban legend di blog kamu, gitu.

Namun sebaliknya, jika kamu udah punya dari awal ide postingan yang kamu buat, usahakan yang kamu tulis itu orisinil. Soalnya kalo tulisan kamu udah pernah dibahas atau diposting blog lain kan jadinya basi. Semisal: “Ternyata Susu Mengandung Banyak Kalsium” atau “Ternyata Menikah Bisa Bikin hamil” *dari dulu kaleeeee* Buat amannya, search aja dulu di google apakah postingan kalian itu udah pernah ada yang buat nggak. Kalopun udah ada, jangan putus asa guys. Kalian masih bisa kok menulisnya tapi dengan gaya menulis yang berbeda. Semisal nih pengalaman pribadi admin: gue pernah menulis tentang “Tes Psikopat” yang sebenarnya udah pernah dibahas beberapa blog lain. Namun karna gaya menulis admin yang berbeda dengan blog2 lain, jadilah postingan itu tetep mengundang banyak readers berkunjung ke blog admin.

Namun yang paling penting, tulisan kalian harus punya visi dan misi. Artinya postingan yang kalian harus memiliki nilai positif yang bisa diteladani readers. Semisal gue sering menulis tentang tempat2 bersejarah supaya readers tertarik untuk melestarikan sejarah Indonesia. Admin juga pernah menulis tentang toleransi beragama di Indonesia dan tema2 lainnya yang memompa semangat kebangsaan kita. Boleh lah kalian menulis, semisal tentang pengalaman kalian nonton gratis di festival film Korea. Namun harus ditutup dengan kesimpulan yang positif, semisal bangsa kita harus bisa membuat film yang lebih berkualitas, dll. Jadi postingan kalian nggak cuman jadi kerupuk, enak sih tapi nggak ada gizinya.

6. Tips keenam: Mind your techniques

Selanjutnya, tentu agar tulisan kamu enak dibaca, kamu perlu teknik2 untuk menyempurnakan tulisan kamu. Berikut ini beberapa tips teknik menulis yang bisa admin kasih.

a. Buat judul yang wow, informatif, dan jujur

Misalnya judul “Jalan-Jalan Ke Ancol” sebenarnya udah cukup buat menongolkan postingan kita di mbah google. Namun kalo kalian mau lebih kreatif, kalian juga bisa membuat judul yang lebih informatif: “Jalan-Jalan Ke Ancol: Pantainya Jelek Banget Sumpah”. Atau kalo kalian tipe2 pujangga gitu bisa bikin judul yang puitis dan sexy semisal: “Menyibak Aura Keindahan Senja Di Tengah Mistisisme Deburan Ombak Ancol” atau “Ancol: Lautan Asmara” *yang belakangan lebih mirip judul bokep tapi*

Oya, perlu diingat juga judul kalian harus jujur, jangan menipu. Karena itu bisa bikin pengunjung blog ngamuk2 dan blog kalian bakal di-black list. Semisal:
Tips Mendapatkan Cewek Mirip Song Hae Kyo Hanya Dalam 15 Hari
  • Banyak2 berdoa dan beramal soleh.
  • Kalo belum berhasil, operasi plastiklah biar mirip Won Bin.
  • Kalo masih belum berhasil juga, pasrah saja dan terimalah nasib anda.
b. Buat kerangka pikiran

Buseeet deh berasa kayak pelajaran Bahasa Indonesia deh. Tapi pelajaran BI juga berguna kok buat bikin postingan blog. Pertama, tulisan kalian harus kalian bagi dulu jadi tiga bagian: pembuka, isi, dan penutup. Pembuka isinya adalah pengantar tentang apa isi postingan kalian. Pokoknya pengantar ini harus bisa membuat pembaca penasaran sehingga kepengen membaca postingannya lebih lanjut (jangan lupa juga ya sapa pembaca kalian). Semisal:
“Hai guys apa kabar? Hari Minggu kemaren admin jalan2 ke Bandung lho. Waduh seru banget jalan2nya soalnya admin dapet tas Gucci harganya berapa coba? Gratis! Penasaran? Simak aja cerita jalan2 admin berikut ini.”
Tapi jangan panjang2 juga kali pembukanya, kayak yang satu ini.
“Hallo para pengunjung setia blog admin, bagaimana kabarnya? Semoga sehat selalu. Alhamdulilah kabar admin baik2 saja *nggak ada yang nanya padahal* Oya bagaimana kabar orang tua di rumah? Sehat-sehat kan? Alhamdulilah. Kabar Pak RT dan Bu RT gimana? Sehat2 kan? Kabar kucing di rumah gimana? Sehat kan? Kabar temen2 SD gimana? Masih pada sehat kan? Walaupun sudah lama tak bertemu, jangan lupakan tali silaturahmi dengan teman2 SD. Kitab suci selalu mengajarkan agar kita terus menjaga tali persaudaraan dan tali kasih dengan saudara2 kita. Omong2 soal tali kasih, admin butuh bantuan nih. Ada yang bisa ngutangin admin nggak, lima ratus aja dah. Nanti admin yakin Tuhan pasti membalasnya ...”
Setelah pembuka, langsung masuk isi postingan. Isi postingan juga nggak boleh sembarangan. Isinya harus berbobot dan informatif. Oya, isi postingan juga jangan panjang2 guys. Soalnya admin pernah nih baca postingan seorang blogger yang jalan2 ke Singapore selama 3 hari dan semuanya ditulis dalam satu postingan yang panjangnya minta ampun. Alamaaaak, ampe berbusa2 bacanya. Kalo tulisan kalian terlalu panjang, coba aja pecah menjadi beberapa postingan. Usahakan juga tulis dalam paragraf yang pendek2 biar pembaca nggak ngos2an bacanya.

Bagian penutup isinya tentang kesimpulan postingan kalian. Agak susah emang bikinnya, makanya admin sendiri juga paling males bikin penutup ini hehehe *biasanya gue skip* Tapi nih admin kasih contohnya penutup yang baik:
“Nah, demikianlah pembaca tips mendapatkan tas gratisan di Bandung. Memang, dari tulisan di atas bisa disimpulkan bahwa satu2nya cara dapet tas gratis di Bandung adalah dengan cara NODONG. Semoga tips di atas berguna bagi pembaca. Jangan lupa ya beri comment jika kalian punya pertanyaan ataupun kritik. Kritik kentang juga boleh *itu mah kripik*”
c. Kasih foto

Menurut pendapat pribadi admin, postingan tanpa gambar tuh kurang lengkap guys. Kayak Zaskia Gotik tanpa Vicky hehehe *keselek* Fotonya pun harus sesuai dengan isi postingan guys dan kalo bisa sih usahain foto jepretan sendiri biar nggak melanggar hak asasi, eh hak cipta. Kalo kebiasaan admin sih di awal postingan (di bawah judul, sebelum paragraf pertama) admin selalu kasih foto buat menggambarkan pada para pembaca isi postingan admin.
10 Cewek Korea Paling Sexy
korean-girls 
“Ngomongin cewek Korea emang nggak ada habis2nya. Kalo doyan liat drakor atau liat MV Korea, pasti banyak cewek sexy-nya. Ya ampun, nggak nguatin deh 10 cewek Korea tersexy yang bakal admin bahas kali ini. Sumpah, ampe *drooling* liatnya. Bentar deh admin pingsan dulu, abis itu dilanjutin postingannya.”

Foto juga bisa digunakan untuk membuat postingan kalian lebih hidup. semisal:
Hari itu gue lagi di jalan raya. Eh ada kerumunan orang rame banget. Begitu gue tanya, ternyata ada kecelakaan. Karena penasaran, gue pengen liat yang kecelakaan siapa. Tapi saking ramenya kerumunan orang, gue nggak bisa lewat. Langsung aja gue teriak.
“Minggir minggir! Gue bapaknya korban! Minggir minggir!” 
Bener aja, semua orang pada ngasih jalan. Tapi anehnya mereka ngeliatin gue dengan tatapan iba gitu. Begitu gue lewat dan liat korban kecelakaaanya, ternyata dia .... 
OLYMPUS DIGITAL CAMERA
*Papaaaaaah* 
ANJRIIIIIT!!!


Namun hati2 dalam memilih foto, pastikan foto kalian eye-catching alias menarik perhatian dan enak diliat. Kayak misalnya nih, kalian ma memajang foto bertema “MENUNGGU BUS”. Kira2 mana yang akan kalian pilih?

purabaya04   Baby_VOX_Wallpaper_01
                   Foto A                                                                 Foto B 
*gue nggak yakin cewek2 di foto B lagi nunggu bis*
d. Jangan kasih singkatan ataupun bahasa alay

Usahakan menulis dengan bahasa yang baek dan benar (nggak usah sesuai banget dengan EYD sih, yang penting jangan disingkat aja). Apalagi kalo pake bahasa alay, wadooooh mampus tuh.
T4oe n99ak s1ch l0e, 9w tuCh cHai444nk b4n933333dh 4m4 lw,,,,,,, Y0u @r3 mY 3v3Ryth1n9 ::::::P0xoxkniiiaa @w4zzzzz kal0 k@moe333 z3L1ngkuuuuh, 8@k4L gu3 muT1L4zi *saiko mode on* wkwkwkwkwk *ketawa mode gagak*
7. Tips ketujuh: Don’t write too much

Yap, setelah mulai menulis, kalian harus bisa menahan diri agar nggak menulis terlalu banyak. Pertama, jangan terlalu membuka terlalu banyak mengenai kehidupan pribadi kalian. Semisal nih, posting tempat kost kalian, kantor kalian, kegiatan kalian sehari2 dengan sangat detail dan lain2. Bahaya kale guys and gals, bisa2 ada *creepy stalker* atau psikopat yang ngikutin kalian.

hqdefault_thumb5
*gue fans blog loe lho ... *

Mampus dah kalo dah kayak kejadian di atas. Selaen itu, terlalu banyak ngebeberin aktivitas pribadi kalian juga bakal bikin para readers jengkel. “Ni anak sok penting banget sih. Artis kagak, songong loe!!!”

Kedua, isilah postingan kalian dengan (sekali lagi) sesuatu yang berguna bagi pembaca. Bila ada bagian yang nggak penting atau nggak menghibur pembaca, sebaiknya tahan diri kalian untuk tidak menceritakannya. Pokoknya jangan ampe kayak postingan di bawah ini:
“Ya ampun, pagi ini tuh gue be’ol banyak banget. Udah satu jaman kali gue jongkok nggak berhenti2, ampek kesemutan. Lagian warnanya tuh pucet2 gitu. Ya ampun readers, apa gue sakit ya.”
Ekspresi readers: “Mati aja loe sekalian!!!”

Ekepresi readers yang lagi apes: “Sialan, mana gue lagi makan lagi -_-“

Dan yang lebih penting, jangan posting foto2 nggak penting, terutama foto2 narsis elo dan temen2 loe yang nggak penting itu. Kalo muka kalian kayak gini sih nggak apa ...

KOREAN
*11-12 lah ama admin blog*

Tapi kalo ini, hiiiiy ...

4L4Y
*pose alay paling mainstream*

Admin aja nggak tega majang foto admin di blog, takut stat blog gue langsung turun drastis hehehe. Dan jujur aja, kalian juga sebel kan kalo liat ada admin blog yang majang foto2 narsisnya yang nggak penting ama temen2nya yang juga nggak penting itu, ya nggak?

8. Tips kesembilan: Don’t spread hatred or other negative things

Ini nih tips yang penting. Kalo kalian bikin postingan atau lebih simpel lagi, kirim comment, usahakan jangan menyinggung orang lain. Menyinggung orang lain bisa berupa mengejek, menyinggung SARA, ngatain orang, ngancem, neror, memfitnah dsb (ingat kata peribahasa: “Memfitnah itu lebih kejam daripada tidak memfitnah”). Sebagai blogger kita harus punya kode etik. Walaupun nggak akan ada yang nge-banned blog kita apapun isinya, tetep kita harus punya batasan dalam menulis.

Sama halnya dalam mengirim comment. Walau kita bisa menulis sebagai “anonymous” tetap kita harus menghormati si empunya blog dan harus bisa menempatkan diri. Seandainya kita adalah admin blog, bakalan tersinggung nggak apabila ada yang menulis comment kayak gitu. Ini contoh comment yang kasar dan negatif:
“Heh admin blog kunyuk! Tega2nya loe jelek2in Kikwang Beast. Dia tuh nggak cuman jual tampang tauk. Suaranya sih emang nggak bagus2 amat, tapi nge-dance-nya keren, ngalah2in Thomas Djorghi. Gue aja cowok suka ama dia. Pokoknya gue tau rumah loe min, tunggu aja entar malem gue bakal satronin dan mutilasi tukang kebon loe *lho apa hubungannya* Tapi berhubung gue bakalan mengintai rumah loe 1x24 jam, gue entar lapor dulu ke Pak RT dulu. No hapenya dong?”
Sama halnya dengan materi2 negatif lainnya. Jangan pernah taruh hal2 yang negatif di blog kita. Semisal sesuatu yang berbau porno atau menyebar fitnah/provokasi. Emang sih membuat postingan berjudul “Download Bokep Terbaru 2013” bakal bikin stats blog kita melonjak hingga jutaan viewers. Tapi kepengen blog kalian dikenal sebagai blog penyebar bokep? #kecuali kalo judul blog kalian emang Miyabilovah atau asyiknyaberbagibokep.wordpress.com#

9. Tips kesembilan: observe your stats

Nah, setelah blog kita jadi, gue saranin kalian memantau perkembangan statistik blog kalian. Banyak kok situs gretongan yang menawarkan jasa ini, namun gue pribadi setia memakai jasa statcounter (gue bakal bikin postingan khusus buat statcounter secara terpisah). Ada banyak kok manfaatnya liat statistik blog kita. Pertama kita bisa memantau jumlah pengunjung. Kedua, kita juga bisa tahu postingan apa dari blog kita yang paling populer. Lumayan asyik juga lho, bisa bikin ketagihan juga hahaha. Tapi banyak sih yang nyaranin jangan terlalu keranjingan liat statistik blog, bikin postingan yang bermutu tetep harus diutamakan.

10. Tips kesepuluh: Just write guys, just write

Bila gue harus memberikan tips gimana caranya blog kalian bisa tetep eksis, maka kuncinya hanya ada satu guys: menulislah dan tetaplah menulis. Ya iyalah, kalo kalian berhenti nulis, maka blog kalian bakalan ko’it. Makanya, selalu sisihkan waktu buat nulis. Kalo buat admin, justru nulis di blog adalah suatu bentuk refreshing setelah seharian kerja membanting tulang *remuk dong* Jadinya kalo nggak nulis, admin malah stress *padahal aslinya udah kayak orang stress hehehe* So, jangan menyerah guys, semakin banyak kalian nulis, semakin bagus pulalah tulisan kalian, soalnya banyak latihan, ya nggak?

BONUS:

Pasang Populer Post ama Wigdet Link di Blog Kalian

Buat tips tambahan, dua widget ini emang ampuh banget bikin para pengunjung betah berlama-lama di blog kalian. Popular Post berisi postingan kalian yang paling populer dan paling banyak dibaca pengunjung. Popular post gampang kalian dapatkan kalo kalian pake blogspot. Tinggal masuk ke dashboard ==> layout ==> add a gagdet ==> popular post.

Kalo widget link akan memberikan link2 postingan laen di blog kalian yang kira2 setema ama postingan yang dibaca oleh pengunjung kala itu. Link ini berupa gambar yang ditaruh di bawah postingan. Jadi walaupun pengunjung udah kelar baca postingan kalian, mereka akan tertarik untuk membaca postingan lain di blog kalian. Bentuknya kayak gini nih.

WIDGET LINK

Nah, widget ini dapat dengan mudah kalian dapatkan di situs linkwithin yang pastinya berguna dan gampang banget daftarnya. Cobain deh (tapi khusus kalo postingan kalian udah banyak lho).

Nah, itulah guys berbagai tips yang bisa admin share buat kalian *itung2 ngerayain ultah ke-2 blog admin juga* Selaen tips2 di atas, banyak juga hal2 yang bisa kalian lakukan agar blog kalian lebih rame, seperti jangan pelit bagi link buat blogger lain, terus jangan lupa balas tiap comment dari para readers setia, dan juga bikin fanpage di facebook. Resolusi admin untuk tahun ketiga blog Mengaku Backpacker ini admin kepengen me-moneytize blog admin (tapi nggak tau caranya hiks, ajarin dong). Oke guys, kalo ada saran dan kritik, silakan tambahkan di comment :D

NOTHING LASTS FOREVER, REALLY?: 10 MAKHLUK HIDUP DENGAN UMUR TERPANJANG

 

Siapa sih yang nggak pengen panjang umur? Sekalian aja nggak bisa mati (plus bonus bisa ngeluarin cakar adamantium ama punya perut six pack kayak Wolverine biar tambah keren hehehe). Manusia diperkirakan bisa hidup hingga 125 tahun. Kucing rata2 hidup ampe 12 tahun aja *admin udah malang melintang di dunia perkucingan soalnya sejak ane belum lahir, bonyok udah miara kucing* Tapi ada juga kucing bernama Creme Puff dari Austin, Texas yang bisa hidup ampe umur yang mencengangkan 38 tahun! Gajah yang segede *gajah lah* ternyata umurnya nggak sepanjang manusia, maksimal cuma nyampe 80 tahun. Namun diam2 ada hewan2 dan tumbuhan yang umurnya lebih panjang dari manusia, hingga mencapai ratusan bahkan ribuan tahun. Bahkan ada yang hidupnya abadi alias nggak bisa mati (nah lho). Banyak dari hewan2 di bawah ini bener2 *nggak nyangka* lho. Penasaran siapa aja mereka? Silakan disimak list-nya.

1. Kakatua

3542601-red-macaw-bird

Nggak nyangka ya ternyata kakatua adalah jenis unggas dengan umur terpanjang. Kakatua ternyata bisa hidup hingga 100 tahun, lebih lama daripada pemiliknya mungkin. Jadi walaupun nggak se-gaul elang atau burung hantunya Harry Potter, jangan pernah remehin burung yang satu ini!

2. Kura-kura

tortoise001

Nah kalo hewan yang satu ini udah banyak yang tahu kalo doi emang terkenal panjang umur. Bahkan kura2 sering dijadikan perlambang kebijaksanaan saking tuanya makhluk ini. Kura2 bisa hidup hingga umur 190, mungkin gara2 hidupnya *slowly* aja kali ya. Namun rekor reptil tertua justru dipegang ama tuatara, sejenis kadal asal Selandia Baru yang bisa hidup hingga 200 tahun.

3. Ikan Paus

Balaena_mysticetus

Bukan sembarang ikan paus tapi yang berjenis Balaena mysticetus mampu hidup dengan umur 245 tahun. Bahkan ikan paus yang baru2 ini ditangkap diketahui masih memiliki harpun (sejenis senjata pemburu paus) yang berasal dari tahun 1890. Ini menjadikannya mamalia tertua di muka bumi.

4. Ikan koi

small-koi-fish-wallpaper

Ikan paus yang segede *ikan paus tentunya* ternyata masih kalah ama ikan koi yang ternyata secara mengejutkan bisa hidup hingga ratusan tahun! Seekor ikan koi bernama Hanako dilaporkan berumur 226 tahun sebelum kematiannya.

5. Kerang

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Sejenis kerang berspesies Arcatica islandica secara “wow” banget bisa mencapai umur hingga 400 tahun!

6. Pohon bodhi

4339718739_f1a9167ae2_b

Bodhi (Ficus religiousa, sejenis beringin) dianggap super duper suci bagi para penganut Buddha, karena di bawah pohon inilah sang Buddha mencapai kesempurnaan. Mungkin karena itu juga pohon bodhi amat dilindungi. Tercatat di Sri Lanka, sebuah pohon bodhi bernama Jaya Sri Maha Bodhi ditanam pada 288 SM dan menjadikannya berumur lebih dari 2.300 tahun! Rekor ini juga menjadikannya tumbuhan tertua yang pernah ditanam oleh umat manusia.

7. Bristecole pine

methuselah-tree-Clinton-Steeds

Sejenis tumbuhan pinus ini dikenal sebagai tumbuhan tunggal tertua di muka bumi. Sebuah pohon bernama Methusalah diperkirakan berumur 4.800 tahun, sedangkan pendahulunya bernama Promotheus diketahui berumur 5.000 (sayangnya ini diketahui saat Prometheus ditebang).

8. Jamur

20111128194447-4327c80a

Sejenis jamur bernama Armilaria solidipes diperkirakan berumur 8.500 tahun dan uniknya, merupakan organisme tunggal dengan luas tubuhnya mencapai 965 hektar atau secara kasar mencapai 2.000 luas lapangan bola!

9. Bakteri

greg_bacteria

Bakteri kemungkinan emang nggak bisa mati, soalnya mereka bisa berubah menjadi tahap “spora” yang dorman ketika kondisi lingkungan nggak menguntungkan. Aduh bayangin dong guys kalo kita punya kemampuan itu, “Aduh lagi tanggal tua nih nggak bisa makan gara2 nggak ada duit. Bentar gue dorman dulu jadi spora, entar tanggal muda bangkit lagi.” Buseeet deh enak banget. Yang keterlaluan, bakteri berusia 240 juta tahun yang terkubur dalam fosil ternyata bisa “dihidupkan kembali” di dalam laboratorium! 240 juta tahun guys, seangkatan ama dino!

10. Turritopsis nutricula

turritopsis-nutricula-3

Hewan ini adalah sejenis ubur2 paling “bad-ass” karena menurut penelitian mampu mengubah dirinya kembali menjadi fase larva ketika dia sudah menua. Dengan kata lain, hewan ini nggak akan mati dan dapat hidup abadi! Selain ubur2 ini, hewan2 lain yang diduga mampu hidup untuk selamanya adalah Hydra, cacing Planaria (soalnya dia punya kemampuan regenerasi), dan lobster (kecuali kalo dia udah digoreng pake saus tiram).

Nah, itulah guys 10 makhluk hidup dengan umur terpanjang di dunia ini. Tapi tetep aja, menurut admin umur panjang itu nggak ada artinya kalo kita nggak bisa menghabiskan hidup kita bersama orang yang kita cintai ###lho lho lho malah bahas apa ini????### Hahaha sekian dulu dari admin, maaf ya buat vampir ama werewolf nggak admin masukin ke list ini :p soalnya list ini scientific gituuuu *alias dapetnya dari wikipedia xixixixi*

MUSEUM BANK MANDIRI: AN ENDLESS MUSEUM (LITERALLY)

 

MANDIRI BANK

Sepulang dari Museum Maritim, gue agak kecewa. Pertama koleksinya nggak sekeren dugaan gue. Kedua, gue sebenarnya ada rencana liat pertunjukan di Planetarium di Taman Ismail Marzuki jam 1. Tapi waktu saat itu sudah nunjukin jam 12. Sejam naek busway nggak bakal sempet kali, apalagi masih kudu ngantri segala macem. Akhirnya gue mutusin nerusin jalan2 aja ke Kota Tua. Gue langsung tertarik ke Museum Bank Mandiri. Soalnya pas gue narik ATM tadi, gue sempet baca kalo museum ini gratis buat pengunjung yang menjadi nasabah setia Bank Mandiri #yang gue bangeeeeet#. Namanya juga admin Mengaku Backpacker, kalo ada yang namanya gratisan, pasti #LANGSUNG# Apalagi selama ini aku sangat mempercayakan kepada Bank Mandiri segala macam investasi dan aktivitas perbankan aku #buseeet bahasanya# Jadinya nggak heran kalo gue jadi penasaran ama sejarah bank terpercaya ini *apalagi gratis hehehe*

Namun gue nyesel setengah mati ke museum ini guys. Tapi bukan karena koleksinya lho. Koleksinya sih keren sumpah, apalagi bangunannya art deco abis gini. Tapi museumnya itu lho, gede banget dan NGGAK ABEEES ABEEEES. Bayangin, batere hape gue ampe abis gara2 foto2 di sini! Bener2 never ending journey deh muterin nih museum. Ampek capek taoook, nih museum abisnya ampe mana????

Museum Bank Mandiri ini memang bangunan paling unik di Kota Tua Jakarta ini guys. Soalnya kalo yang lain bergaya Eropa klasik, gedung bank ini justru bergaya art deco (mirip ama Stasiun Kota). Pertama masuk gue bareng ama rombongan anak2 alay yang lagi habisin hari Minggu *langsung nyelonong aja hehehe* Di dalam ternyata kondisinya masih mirip ketika bank ini masih beroperasi. Ada bagian buat teller yang kita bisa bebas masuk dan liat2 koleksi di sana.

Photo-1055

Koleksi pertama yang gue liat adalah buku besar. Pas belajar akuntasi dulu, gue pikir buku besar dinamain begitu karena isinya banyak, mencatat segala macam hal. Namun di sini gue jadi tahu kalo buku besar emang literally alamak gedenya!

Photo-0976

Terus gue baru tau kalo ada yang namanya kalkulator manual. Mampus tuh teller zaman segitu, pegangannya cuma barang beginian buat ngitung duit. Gimana klo ada yang nanya, “Mbak, tolong itungin dong turunan dari invert sin 135 derajat?”

#mana mungkin ada yang nanya begituan di bank???#

Photo-0977

Tapi ternyata ada alat yang lebih primitif dari itu, guys. Bayangin mereka ngitung pake ini: abacus alias sempoa!

Photo-0981

Baca2 ternyata teller zaman dulu dipilihin cici2 etnis Chinese yang nggak cuma memiliki kecantikan oriental tapi jago ngitung pake sempoa ginian.

Pas gue masuk ke sebuah ruangan, gue langsung disambut oleh mereka:

Photo-0987  Photo-0986

Buseeet dah, pantes Bank Mandiri nggak pernah kecolongan, satpamnya Gundam gini.

Alat2 di sini juga menunjukkan perkembangan dari zaman ke zaman. Dari mulai mesin2 yang sederhana kayak mesin tik hingga ke komputer baheula yang masih pake disket. Oya yang agak creepy di sini adalah boneka manekin2nya. How creepy is this? #adanya di balik jeruji lagi# berasa kayak di House of Wax.

Photo-1004

And talking about creepy ...

Photo-1041

I swear to God she’s looking at me! Oke, balik lagi ke jalan2nya guys. Ini suasana lorong2 yang menghadap ke taman yang ada di tengah bangunan. Tamannya enak banget lho, bahkan ada yang makan bekal di tengah rindangnya taman. Wadooow kepengeeeen. Besok lagi bawa bekal ah, soalnya makanan di sini adanya cuma bakso ama mie ayam doang. Oya ngomongin lorong2nya, agak ngingetin gue ama Lawang Sewu di Semarang.

Photo-1014

Saking banyaknya koleksi museum ini, ampe koleksinya di-display di lorong2 lho. Kayak kalkulator manual nih yang kebetulan pas gue foto, eh admin ikutan kefoto hehehe.

Photo-1008

Ini mungkin surat saham zaman Belanda dulu ya.

Photo-1007

Iseng2 karena gue liat tangga, gue lalu naek ke lantai di atasnya dan lantai atasnya lagi. eh, ternyata gue bisa liat Museum Bank Indonesia dari sini!

Photo-1015

Ini koleksi di museum atas. Ada koleksi uang koin dan kertas kuno.

Photo-1020    Photo-1018

Terus gue masuk ke ruangan yang kayaknya sih ruangan direktur gitu. Gue nebak gitu soalnya ruangan ini punya kamar mandi pribadi yang lumayan creepy.

Photo-1021

Photo-1028

*admin di kamar mandi berhantu. Gue harap nggak ada Hanako di sini*

Sumpah guys, ruangan ini tuh sereeeeem banget. Pas admin ke situ (sendirian), tiba kayak ada suara dari balik pintu yang tertutup. Kayak kurang serem aja, ada diorama pake manekin2 di ruangan ini.

Photo-1023

Dan pas gue dateng, topi2 pajangan yang ada di ruangan itu pada jatuh berceceran di lantai *berasa ulah poltergeist* Pas gue angkat topinya dan gue balikin ke tempatnya semula, topinya ternyata lumayan berat lho guys, kayaknya nggak deh kalo jatuhnya tadi tertiup angin.

Photo-1024

Belum lagi ada lukisan gubernur jenderal ini. Sereeeeem, Langsung deh #kabuuuuur#

Photo-1027

Ini gambar tangga yang menuju ke bawah. Art deco emang keren ya?

Photo-1039

Gue lalu turun lagi ke bawah dan anehnya gue nemuin koleksi yang nggak nyambung ama museum ini, yakni alat2 musik kayak cello dan piano. Pianonya antik banget guys, dalemnya kayak bersepuh emas gitu.

Photo-1047   Photo-1051

Cuma anehnya ada larangan ini di sini.

Photo-1049

“Dilarang masuk?” Gimana caranya masuk ke dalam piano? Larangannya buat kucing kali.

Oya ada juga Patung Hermes di sini. Fiuh, thank goodness di sini dia nggak bugil kayak di Museum Fatahillah.

Photo-1057

Ini diorama tentang kesibukan saat bank ini masih beroperasi.

Photo-1065

Ini kayaknya dioarama sang direktur bank. Tapi anehnya yang bikin gue merinding, foto anak perempuan di meja ini foto beneran lho guys. Hiiiy...foto siapa ya?

Photo-1067

Ini ruangan tempat menyimpan buku besar tadi. Pengamanannya ketat banget, liat aja tebal pintunya.

Photo-1062   Photo-1068  

Gue lalu beranjak ke ruang bawah tanah tempat menyimpan brankas berisi uang dan barang2 berharga lainnya #hufh, sumpah nih museum nggak abis2# Ruangan ini bernama Kast Kluis yang berguna menyimpan uang dan bahkan batangan emas!

Photo-1074   Photo-1082

Photo-1079    Photo-1080

Di lokasi lain (deket musholla) terdapat diorama yang menggambarkan pembangunan gedung ini dulu. Kreatif banget deh yang buat.

Photo-1090

Gue lalu naek lagi dan sumpah, pas itu gue udah niat mau pulang. Tapi pas gue liat ke atas, gue malah liat ...

Photo-1099

BUSEEEET MASIH ADA LAGI???

Karena di atas ada kaca2 patri super-indah (yang lagi, ngingetin gue ama Lawang Sewu), akhirnya gue mengurungkan rencana gue buat pulang dan foto2 di atas.

Photo-1104

Photo-1102

Kereeeen banget kaca patrinya, ampe mau nangis. Di atas juga ada koleksi2 lain (padahal kaki gue udah mau bengkak nih hiks, tapi kenapa nih museum nggak kelar2 isinya). Di lantai ini ada ruangan yang menarik buat gue, yaitu ruangan yang menceritakan tentang sejarah satuan pengamanan alias satpam yang bekerja di bank ini. Diceritakan juga tentang jenis2 pistol yang digunakan sebagai senjata untuk mengamankan bank ini dulu #tapi cuma gambar, bukan beneran#. Anehnya, ada juga koleksi samurai di sini, Masa sih satpam zaman dulu pake samurai? Dan gue bener2 nggak habis pikir pas gue melihat koleksi ini ....

Photo-1117

MUSTAHIL!!!!! MASA MEREKA PAKE INI JUGA???

Buseeet...satpam apa Elektra nih? Jangan2 ada senjata ninja ama bom asap Batman kali kalo ditelusuri terus.

Lebih kacau lagi, gue juga liat ini dipajang di sini ...

Photo-1114

Oke, I’m out of here!

Nah, abis dari ruangan ini nih gue mulai nyadar kalo batre hape gue ABIS!!! Buseeet deh, selama gue backpackeran belum pernah sekalipun gue foto2 ampe batre hape gue ko’it gini. Dan gue juga berani taruhan, nih museum sebenarnya belum abis dan masih ada tempat yang belum gue kunjungin. Ternyata benar, gue belum ngeliat lift antiknya dan gue juga bahkan belum foto2 bagian luar bangunannya. Tapi gara2 hape gue dah lowbat, apa boleh buat. Terpaksa gue pasrah dan pulang aja. Kapan2 lagi dilanjutin lagi jalan2nya.

Saran aja deh buat para pengurus museum, kira2 dong kalo bikin museum, pengen bikin para pengunjungnya pada mati muda apa? Kurang gede oooooom museumnya. Terus lagi, diseleksi dong para pengunjungnya. Banyakan anak alay nih yang teriak2 ama foto2 di dalam #maklum gratisan# jadi nggak konsen gue nikmatin museum ini. Ditambah lagi mereka pada pacaran di dalam. Wooooi ke Inbox aja sono!!! #emosi#

Tapi selepas itu semua, museum ini emang layak banget dikunjungin, apalagi kalo rame2. Sekian dulu guys liputan admin tentang museum Bank Mandiri. Kapan2 admin kasih lagi liputan museum2 lain di Jakarta. Jangan lupa, habisin aja waktu senggang kalian menikmati museum2 ini, worth it kok.