Jumat, 27 September 2013
KABAR SEDIH BAGI PEMBACA SETIA “MENGAKU BACKPACKER”
MAUSOLEUM O.G. KHOUW: AN AWESOME CREEPINESS
Hari Minggu pagi dalam rangka acara jalan2 gue ke Tanah Abang, gue juga sempet jalan2 ke TPU Petamburan. TPU? Kuburan? Ngapaen? Jalan2 tuh ke mall ... jalan2 malah ke kuburan. Hehehe bukan gitu guys. Tapi kebetulan di TPU Petamburan tuh ada bangunan megah dan bersejarah bernama Mausoleum OG Khouw. Pernah denger atau masih asing di kuping kalian? Nah, makanya simak postingan gue kali ini. Seru lho jalan2 di kuburan.
TPU Petamburan ini pemakaman ketiga yang pernah gue kunjungi di Jakarta. Yang pertama adalah kuburan Belanda tua di Museum Taman Prasati (yang ada di sana cuma batu2 nisan ama patung2 malaikatnya aja, jenazahnya udah dibawa ke Belanda semua). Yang kedua adalah Ereveld Menteng di dekat apartemen Cassablanca (pemakaman untuk korban Perang Dunia II). Nah, di TPU Petamburan, gue tertarik ama mausoleum OG Khouw yang katanya pernah menjadi orang terkaya di Indonesia waktu masih zaman penjajahan Belanda. Di sana juga denger2 ada makam Yahudi juga lho.
Gimana caranya kesana? Gampang kok. Dari deket Stasiun Tanah Abang (di tanjakan KS Tubun, pas depan Museum Tekstil) tinggal nyegat angkot putih nomor 09. Kita bisa turun di depan TPU Petamburan. Pas di dalam angkot, gue sempet ditanya ama sopir angkotnya, “Mau ke TPU nomer berapa mas?”
Jawabku bingung, “Emang ada berapa Pak?”
“Ada lima tuh.”
Aku tambah bingung, soalnya gue nggak ada info soal itu. Gue jawab aja TPU yang ada makam2 tuanya. Terus ama bapaknya gue dianter ke TPU-nya (nggak tau nomer berapa, tapi deket Gereja Salvator). Begitu masuk sih biasa2 aja, tapi begitu liat mausoleumnya, langsung deh terperangah ....
Gile, megah banget bangunannya. Tau kan mausoleum itu artinya makam yang megah. Contoh mausoleum paling terkenal di dunia adalah Taj Mahal. Mausoleum OG Khouw ini jelas nggak segede Taj Mahal, tapi gue nggak mengira ukurannya bakal sebesar ini.
Oya yang unik, di keempat penjuru makam ini terdapat empat patung yang menggambarkan empat fase kehidupan manusia. Fase pertama adalah fase juvenile alias kanak2.
Fase kedua adolescence alias remaja.
Fase ketiga adult alias dewasa.
Fase keempat, elderly alias manula dong.
Di bawah kubah juga terdapat patung malaikat yang cantik banget. Tapi ukiran sayapnya itu yang kayak real banget, hebat pematungnya.
Uniknya lagi, di bawah mausoleum terdapat anak tangga yang menuju ke bunker (basement). Sayang bunkernya terkunci dan gue cuma bisa ngintip dari balik jeruji. Hiiiy...dalemnya lumayan creepy dan ngingetin gue ama penjara bawah tanah yang ada di Museum Fatahillah.
Ini bagian dalamnya #creepy#
Setelah puas mengagumi Mausoleum OG Khouw, gue memutuskan untuk mencari makam Yahudi. Namun yang pertama gue temuin nggak jauh dari mausoleum justru makam Jepang. Makamnya kecil dan cuma ada nisan yang tegak ke atas. Tentu ini karena yang dikubur hanyalah abu jenazahnya.
Di situ juga ada kuil kecil tempat menyimpan abu para tentara Jepang. Ngeliatnya kayak kita nggak berada di Indonesia, tapi berasa kita lagi di Jepang, ya nggak?
Pas muter2 gue juga nemuin makam bergaya art deco ini. Unik banget. Kayaknya bentuk2 makam yang ada di sini mengikuti perkembangan zaman.
Oya, areal pemakaman ini dikhususkan buat pemeluk agama Kristen, makanya jangan heran banyak salib dan nisan2 bertuliskan aksara Cina di sini. Pas berkunjung, gue juga ngeliat keluarga keturunan Chinese sedang berziarah ke makam leluhur mereka dengan cara membungkukkan badan 3 kali kayak di film2. Hmmm...kepercayaan boleh berbeda-beda ya, tapi tetep harus dihormati, setuju?
Setelah muter2 nggak jelas dengan mengandalkan gambar yang kuperoleh dari internet, akhirnya gue nemuin juga makam Yahudi yang gue cari2. Sebenarnya lokasinya gampang banget ditemukan. Liat aja di sebelah kiri mausoleum, ada lembah yang menjorok ke bawah dengan latar belakang pemandangan gedung2 bertingkat (ada gedung BNI juga keliatan). Cari aja salib yang tinggiiiiiii banget. Nah, makam Yahudi tuh ada di bawah salib itu. Bentuknya seperti prisma batu (katanya sih mirip sarkofagus atau peti mati dari batu). Gue lihat ada tiga sarkofagus yang berjejer dan ada satu lagi makam Yahudi yang punya nisan berbentuk biasa. Ciri khasnya tentu terdapat lambang bintang Daud (David’s star, kayak nama gue).
Pas gue foto, kontras banget. Di belakang makam Yahudi ada salib Kristen. Terus di belakangnya lagi terlihat kubah masjid. Pas banget ya letaknya.
Nah, itulah guys sekilas jalan2 gue ke TPU Petamburan. Jangan takut2 maen ke kuburan #asal jangan jam 12 malam aja# soalnya siapa tahu kita bisa belajar sejarah bangsa kita dari sana. Oke? Destinasi berikutnya adalah makam Bung Hatta di TPU Tanah Kusir.
MENGAKU BACKPACKER GOES TO TANAH ABANG
Postingan gue kali ini emang melas banget. Yang cocok tuh harusnya “Mengaku Backpacker Goes To Singapore” atau “Mengaku Backpacker Goes To Europe”, tapi ini malah “Mengaku Backpacker Goes To Tanah Abang” Hiiiiiy...berangkatnya dari Lebak Bulus lagi :,((((( Tapi apa boleh buat guys, hari Minggu pagi gue emang ada keperluan ke Tanah Abang, jadi sekalian aja gue posting pengalaman gue berkunjung ke pasar grosir terbesar di Asia Tenggara itu. Pasti pembaca penasaran, apa yang admin lakuin di Pasar Tanah Abang? Ini bermula sekitar beberapa hari lalu waktu gue lagi asyik browsing di internet sekitar jam 10 malam di kost. Tiba-tiba aja terbersit pikiran di benak gue, “Eh, ini bulan September ya? Berarti dua bulan yang lalu nyokap gue ulang tahun dong?”
Buseeeet guys, DUA BULAN yang lalu....dan gue baru ingat sekarang.
##Readers langsung nimpukin admin pake pecahan beling, “Dasaaaaar anak durhaka!!!!”##
Kebangetan banget ya hahaha. Karena nyokap dulu pernah pesenin buat nyariin tas di Jakarta, akhirnya gue putusin beliin tas aja buat nyokap gue buat kado ultah beliau #yang udah lewat dua bulan lalu btw#. Gue bayangin deh nyokap gue di rumah pasti lagi gigit2 bantal, “Anak gue durhakaaaa!!!” hahaha.
Ditambah lagi, di yahoo lagi gencar2nya diberitain kesuksesan Jokowi #go go Jokowi for presidential election!!!# menata pedagang di Tanah Abang. Jadi penasaran, seperti apa sih gebrakan Pak Jokowi ini? Jadi, gue-pun memutuskan jalan2 ke Tanah Abang.
Gue memulai perjalanan gue dengan naek metromini 102 jurusan Ciputat – Tanah Abang. Sebenarnya pengennya sih naek busway, tapi sayangnya denger2 nggak ada busway yang langsung ke Tanah Abang. Ternyata benar, perjalananku dengan angkutan umum ini nggak senyaman busway. Pertama, busnya penuh banget dan gue terpaksa berdiri sepanjang perjalanan. Kalo berdirinya deket AC sih enak, lha ini kan metromini, tau sendiri, AC-nya tenaga alam alias pake angin cendela. Kedua, udah tau bus-nya penuh, eh si kernetnya tetep maksa aja naikin penumpang ampek desak2an nggak karuan. Gue jadi bingung, nih metromini sebenarnya ngangkut orang apa kambing kurban? Ketiga, akibat suasana yang sumpek dan dempet2an itu, banyak penumpang yang emosinya jadi tinggi. Paling nggak ada dua pertengkaran antara para penumpang selama perjalanan. Untungnya, busnya cepet nyampe dan gue segera turun di depan museum tekstil.
Yap, tujuan gue emang nggak cuma belanja aja guys, tapi tetep aja menelisik sejarah Tanah Abang dengan berkunjung ke Museum Tekstil. Ada temen juga sih sesama backpacker dan pecinta arsitektur yang nyaranin ke museum ini. Ternyata bener, dari luar bangunannya nggak mengecewakan. Vintage vintage gimana gitu.
Namun gue nggak masuk museum dengan berbagai pertimbangan. Pertama, pertimbangan waktu karena hari makin siang. Kedua, dua hari sebelumnya gue ikut field trip ama anak2 dari sekolahan tempat gue kerja ke museum2 yang ada Kota Tua (Museum Fatahillah, Museum Seni dan Keramik, ama Museum Wayang). Satupun koleksi dari museum itu nggak ada yang worth it banget sebenarnya buat dikunjungin. Jadi gue berkesimpulan, koleksi museum ini pasti juga nggak wow banget. Makanya gue urungin rencana gue untuk masuk. Namun gue sempat foto2 bangunan2 yang ada di sana.
Suasana taman bagian belakang juga asri banget. Sekilas, kompleks ini mengingatkan gue ama Benteng Vredeburg yang ada di Yogya. Keren banget sumpah bentengnya, wajib dikunjungin kalo kalian pas maen ke Yogya.
Namun gue terkejut begitu melihat lukisan ini di dinding. Ternyata ... ternyata ... museum ini merupakan markas ninja2 Akatsuki!!! Tidaaaaaaaak....panggil Naruto!!! Panggil Sasuke!!! Panggil Tuxedo Bertopeng ###apa hubungannya???###
Bangunan kedua ini juga nggak kalah vintage. Keren ya, untung aja masih terawat gini. Tapi agak serem2 gimana gitu. Kalo aja film “House On The Haunted Hill” dibuat remake Indonesianya (dibintangin Julia Perez), pasti ngambil lokasinya di sini hehehe.
Selepas dari museum tekstil, gue lalu melanjutkan perjalanan ke TPU Petamburan buat melihat langsung Mausoleum OG Khouw (silakan liat postingannya di sini). Abis itu, barulah gue memulai misi gue mengincar tas buat kado ultah nyokap gue ...
#Ekspresi readers: “Which is udah dua bulan yang lalu...”
Ya ya gue taok!!! Nggak usah ngingetin lagi!
Begitu nyampe ke depan Stasiun Tanah Abang, gue langsung terkesima. Wah, jalanannya lengang banget. Padahal pas gue ke sini sekitar beberapa bulan lalu pas beli tiket mudik, traffic-nya chaotic banget #like all other parts of Jakarta#. Dulu mah nggak terima macet, yang ada kendaraan di situ pada nggak gerak. Kirain pada parkir di tengah jalan, eh nggak taunya kejebak macet hehehe. Tapi sekarang lancar banget lalu lintasnya. Ini toh gebrakannya Jokowi? Wow banget emang #jadi pengen ke Waduk Pluit, katanya juga udah direnov abis2an#
Dekat situ juga ada Pasar Blok G (denger2 pedagang yang dulunya jualan di jalan dan menyebabkan macet direlokasi ke pasar ini). Aku sempet jalan2 bentar di situ, tapi gara2 nggak nemu tas, gue lalu beralih ke blok A. Di situ gue juga melihat sebuah jembatan yang belum jadi, katanya sih mau dibikin jembatan penghubung antara blok A ke blok G biar tambah rame. Terus buat menarik pengunjung, di situ juga lagi ada konser organ tunggal #goyang mang# Nggak tau in termasuk programnya Jokowi juga apa nggak hehehe. Waduh sekalian aja konser SNSD nyanyiin Galaxy Supernova, dijamin pasar Blok G tambah rame hehehe #ngapaen juga gue kasih link downloadnya, orang ini lagi bahas Tanah Abang#
Udah ah ngelanturnya, lanjut lagi ke acara jalan2nya. Pertama sih gue pengen masuk ke blok A, tapi setelah muter2 sebentar di basement-nya, gue ngerasain suasananya kayak nggak manusiawi gitu, jadi gue urungin. Ada sungai di situ yang baunya ... alamak!!! Kalo gue jadi pemilik gedungnya, pasti udah gue sulap jadi ala2 Venice kayak pas adegan Boys Before Flowers di Venetian Macau ##ngimpiiiii###
Gue udah beberapa kali ke pasar tradisional, tapi pasar yang ini bener2 bikin gue nggak betah. Waduuuh Pak Jokowi, rombak dong biar kayak MOI ##ngimpi lagi## Akhirnya ujung2nya gue masuk ke Blok B yang adeeeem, ada AC-nya. Sialnya, tempat yang jual tas ada di lantai 5 atau 6 (gue lupa), jadinya gue harus naek jauuuuuuh banget. Sialnya lagi pas udah nyampe di atas, baru gue tahu kalo ada liftnya #siooool siooool!!!!#
Ternyata tas2 di sini harganya bervariasi. Mulai dari yang obralan 50 K hingga yang impor 900 K. Namun rata2 tas yang gue tanya harganya antara 120 – 200 K. Bisa ditawar lagi sih. Tapi gue berani sumpah, yang jual pasti pada keheranan, soalnya cowok kok nyari tas cewek hahaha. Akhirnya gue dapet juga 2 tas dengan harga menarik, satu merah dan satunya ada tulisan bermerk gitu #yang gue yakin abal2 soalnya harganya murah hahaha#. Sialnya, pas gue udah beli tas2 itu, di dua lapak yang gue lewatin ada obral tas2 bagus minta ampun murahnya. Wadooooh nggak dari tadi seeeeeh???? Saran aja buat yang mau beli tas di sini, puterin dulu satu Tanah Abang sebelum mutusin beli, biar nggak nyesel kayak gue hiks.
Pas mau pulang gue mikir, gue nggak mau naek 102 lagi. MALEEEEES GILEEEEE. Beruntung banget pas keluar dari Blok B, gue ketemu APTB 07 jurusan Tanah Abang – Bekasi yang pas lagi lewat. Rejeki nomplok, soalnya hanya dengan membayar 5 ribu, gue diturunin di halte Sarinah dan tinggal naek busway buat pulang #tanpa bayar lagi coy, enak kan#
Nah, pas nunggu di halte Sarinah ini, gue mendapatkan pengalaman yang lumayan disturbing guys. Di samping gue ada cowok yang lagi nunggu busway. Bodinya sih kekar. Siapapun yang liat pasti mikir nih orang pasti rajin nge-gym. Tapi tebakanku sih nih cowok pasti sus akika. Soalnya atasannya sih dia pake baju tanpa lengan buat mamerin otot2nya, tapi bawahnya....dia pake hot pants guys! HOT PANTS bayangin! Dan itu nggak sembarang hot pants, tapi jeans belel mirip ama yang dipake Agnes Monica di Grammy Week. Buseeet…bulu kakinya juga udah licin abis di-wax ##gue bener2 nggak bisa ngilangin bayangannya dari benak gue….hiiiy## Dan bener dugaan gue. Pas dia naek busway, dia langsung masuk ke bagian khusus cewek di bagian depan. Gue bayangin, pas dia diusir ama petugas buswaynya di dalem, pasti dia berontak, “Tapi....tapi...namaku Gladys...”
Hiiiy...untung aja dia naek busway jurusan Blok M (gue jurusan Harmoni). Nggak kebayang kalo dia ampe satu bus ama gue, mending naek 102 aja kemana-mana. Ini sebenarnya pengalaman *hening* bikin ##krik krik## kedua gue selama memakai jasa busway. Pengalaman laennya terjadi pas gue masih pertama2 dateng ke Jakarta. Gue ingat pas itu gue lagi dalam perjalanan ke Katedral dan pas gue duduk, di depan gue terlihat ...
Seorang penumpang ....
Yang gue nggak bisa bedain dia itu cowok apa cewek!!!!
Buseeet, gue trauma banget deh ama yang itu. Secara pas itu gue lagi mau berangkat beribadah Minggu pagi ke gereja saat itu, gue langsung di dalam hati, “What the f**k!! Itu cewek apa cowok??? OMFG, this is ===> bad omen! Man, this is going to be a bad day. Sh*t sh*t sh*t!!!” Sumpah gue pengen saat itu unggah foto dia dan nanyain ke Yahoo Answer kalo aja pas itu gue lagi ada jaringan internet.
Itu pengalaman gue pertama, terus Agmon wannabe tadi pengalaman gue yang kedua. Sumpah, satu pengalaman lagi dan gue pasti dapet hadiah piring cantik.
Untungnya perjalanan pulang gue berlangsung dengan aman dan lancar. Gue dapet tempat duduk dan buswaynya lumayan sepi #yang penting nggak ada penumpang yang aneh2 lagi#. Pas di dalam busway, gue liat2in penumpang2 cewek yang pada bawa tas. Ternyata kebanyakan tas mereka nggak jauh beda modelnya ama tas2 50 ribuan yang tadi diobral di Tanah Abang. Beberapa malah bagusan yang di Tanah Abang. Banyakan pake tas item dan gue jadi tau kalo item mungkin warna yang netral buat cewek. Jadi nyesel, kenapa tadi nggak beli tas warna item aja ya?
Emang pas membeli barang buat cewek, kita sebagai cowok harus bisa berpikir seperti mereka, mungkin dengan berpikir seperti Gladys hehehe #keselek# Tapi ya sudahlah #Bondan mode on#, kapan2 beli lagi kalo ada obral lagi ###yaaaah, buat nyokap yang udah ngerawat sejak kecil kasih barang obralan### Yap, itulah sekilas perjalanan gue buat membuktikan pada kalian kalo gue anak yang berbakti, belliin kado jauh2 ampe ke Tanah Abang buat ultah nyokap tercinta ...
Readers: “Yang udah dua bulan yang lalu ...”
NGGAK USAH NGINGETIN NAPA??????
NB: Gue harap Gladys bisa nyampe ke rumahnya dengan selamat tanpa kena Razia hahaha.
##dan ini omongan cowok yang seharian nyari tas cewek di Tanah Abang##
HAPPY 2nd ANNIVERSARY BLOG MENGAKU BACKPACKER!!!!
Minggu, 15 September 2013
5 HUJAN MAUT DI PLANET2 LAIN
Aku mendapat link untuk artikel2 menarik ini setelah di-share salah satu temen di facebook. Menarik sekali buat dibaca, soalnya isinya menceritakan hujan di planet lain. Di bumi mungkin kita hanya mengalami hujan air, namun di planet2 ini kita bakal mengalami hujan asam, hujan logam, hujan kaca, hingga hujan berlian! Silakan disimak artikelnya.
Venus: Hujan Asam Belerang
Venus walaupun dikenal sebagai bintang fajar yang indah dan dinamai sesuai dewi cinta Yunani, ternyata tak secantik bayangan kita. Venus memiliki banyak keanehan dibanding di Bumi. Pertama, satu hari di Venus setara 117 hari di Bumi. Kedua, matahari di Venus terbit di barat dan tenggelam di timur. Ketiga, permukaan Venus dipenuhi oleh 1.000 gunung berapi yang diameter kawahnya mencapai 20 km. Keempat, suhunya saat siang hari mencapai 90 kali suhu di Bumi dan cukup untuk melelehkan timah. Dan terakhir, terdapat hujan asam belerang alias air keras di sana.
Sumber: http://www.fromquarkstoquasars.com/a-day-on-venus-earths-evil-twin/
HD198733b: Hujan Kaca
Jangan tertipu dengan warna birunya yang mirip bumi. Kondisi planet ini amatlah ekstrim dan tak mungkin dihuni manusia. Planet berjarak 63 tahun cahaya dari bumi ini memiliki suhu siang hari 930 derajat celcius dan terdapat hujan lelehan kaca mendidih di planet ini.
Sumber: http://www.space.com/22614-blue-alien-planet-glass-rain.html
Titan: Hujan Metana
Salah satu bulan Saturnus ini menarik perhatian para ilmuwan karena sejauh ini, Titan merupakn benda langit di tata surya yang kondisinya paling mendekati bumi. Yap, di bulan ini terdapat lembah, gunung, bahkan sungai, danau, dan laut. Bedanya, di sini tak terdapat air, melainkan metana cair. Sama seperti air di bumi, metana di Titan juga mengalami siklus dan turun sebagai hujan.
Sumber: http://www.fromquarkstoquasars.com/time-lapse-video-of-huygens-descent-to-titan/
OGLE-TR 56b: Hujan Besi
Planet menakjubkan ini merupakan salah satu dari exoplanets, yaitu planet2 yang ditemukan di luar tata surya kita. Uniknya, di planet ini terdapat awan yang ternyata tak terbuat dari uap air, melainkan oleh atom2 besi. Hujan di planet itupun merupakan hujan besi *tapi bukan besi kiloan lho guys, melainkan besi cair. Tak hanya itu, kala revolusinya juga sangat cepat, hanya memakan waktu satu hari.
Sumber: http://www.astrobio.net/pressrelease/352/new-world-of-iron-rain
Uranus dan Neptunus: Hujan Berlian
Berlian merupakan salah satu bentuk karbon, senyawa yang mudah ditemukan di alam semesta ini. Jadi para astronom sudah tak heran menemukan planet dan bintang yang mengandung berlian. Namun penelitian terbaru di Uranus dan Neptunus membuktikan bahwa di dua planet kembar tersebut terjadi hujan berlian cair!
Sumber: http://www.fromquarkstoquasars.com/is-it-raining-diamonds-on-uranus-neptune/
Wah, ngeri2 ya hujan2 di planet lain. Masih untung di bumi cuma hujan air biasa (itupun banyak yang ngeluh hehehe, pengennya hujan duit kali). Jadi guys, kesimpulannya syukuri aja semua nikmat karunia yang udah diberikan Tuhan ama kita, sesederhana apapun itu. Setuju?
IT’S A FISHY SUNDAY AT JATINEGARA
Huaaaah aku bener2 seneng ama kerjaan baru aku. Soalnya baru kali ini aku dapat kerjaan yang Sabtu dan Minggu libur. Huuuraaaaay!!! Soalnya di dua pekerjaanku sebelumnya, Sabtu aku selalu masuk, walaupun setengah hari sih. Jadi kerjaanku sekarang ini paaaaaas banget buat penggemar jalan2 kayak aku. Nah, kalo biasanya aku jalan2 muter2 Jakarta buat liat gedung2 tua dan menilik sejarah ibu kota, beberapa minggu terakhir aku lagi demen jalan2 ke pasar.
Lho kok bisa?
Semula sih aku agak najong2 gitu liat pasar2 tradisional di Jakarta. Udah sumpek, bechek, banyak copetnya lagi. Tapi gara2 BBM naek, aku kudu *tighting the budget*. Bisa tekor aku kalo belanja barang2 keperluan sehari2 di Hypermart mulu. Makanya aku beralih ke pasar2 tradisional. Apalagi kayaknya eksotik banget gitu *alesan*. Nah, setelah mengunjungi beberapa pasar di Jakarta, aku tertarik mengunjungi Pasar Jatinegara. Kebetulan aku lagi kepengen beli ikan hias buat dipiara di kosan.
Sebelumnya aku cerita2 dulu ya pasar2 yang pernah aku kunjungi.
1. Pasar Kebayoran Lama
Ini pasar gede yang paling deket dan gampang transportnya dari kosanku (soalnya naek busway bisa). Deket Mall Gandaria City pasarnya, di bawah jembatan layang. Di sini semua serba ada. Mulai dari sepeda, alat2 rumah tangga, ayam, baju, kosmetik, dan lain2. Rameeee banget, apalagi buka-nya ampe malam.
2. Pasar Burung Barito
Kalo dari tempatku sih dari perempatan Fatmawati tinggal naek Metromini 76 langsung nyampe depan pasarnya. Di sini nggak cuma jual burung hias. Kucing, hamster, kelinci, ampe reptil juga ada. Abis capek jalan2 di sini bisa bersantai di Taman Ayodia yang terletak tak jauh dari pasar ini.
3. Pasar Asemka
Aku kesini gara2 diajak temenku yang doyan backpackeran ke luar negeri. Ternyata di sini dia mau beli kaos2 yang ada tulisannya luar negeri, kayak Singapore, Korea, Japan dll. Buat oleh2 katanya hehehe. Soalnya kalo di luar negeri kaos mahal2, di Singapore aja kaos 30 ribu kainnya model saringan tahu (kayak kaos2 partai gitu). Jadi mending beli di Indonesia hohoho *curang juga ya dia, dasar*. Murah2 lho, katanya 15 ribu bisa dapet kaos satu.
Pasar Asemka sendiri terletak dekat banget ama Kota Tua, naek busway turun di Halte Kota tinggal jalan aja nyampe (di bawah jalan layang tempatnya). Di sini ada banyak barang yang dijual murah, macem2 banget. Tapi yang aku baca dari internet sih pasar ini pas buat yang nyari suvenir pernikahan. Hmmm....kapan2 deh kalo aku nikah boleh hunting di sini hahaha.
4. Pasar Senen
Cuma lewat doang kalo yang ini mah. Soalnya becek banget, males masuknya. Malah ending2nya masuk ke mall hehehe. Tapi katanya sih jual baju2 second yang murah banget.
5. Pasar Taman Puring
Belum pernah kesini sih, tapi katanya pasar ini menjual sepatu dengan harga murah. Waduh sial baru tau sekarang. Padahal aku udah telanjur beli sepatu kulit di mall pas mau masuk kerja dulu. Hiks tau gini gue bisa hemat banyak banget.
Nah, balik lagi ke topik sebenarnya, yakni Pasar Jatinegara. Nggak tau kenapa aku lagi pengen punya ikan hias. Mungkin gara2 nggak ada temen di kosan baru hehehe, tau sendiri gue anaknya anti-sosial gini. Setelah browsing di internet, akhirnya aku memutuskan cari ikan hias di Jatinegara aja. Walaupun jauh banget ama kosanku, tapi katanya di sana paling lengkap koleksinya dan harganya juga paling murah.
Nah, hari Minggu sehabis ke gereja aku langsung ke Lebak Bulus untuk nake busway jurusan Harmoni kemudian transit dan ambil busway jurusan PGC. Enak banget kalo mau ke Pasar Jatinegara, soalnya dilewati jalur busway. Cuma resikonya lama banget. Bayangin, aku berangkat sekitar jam 9 seperempat, nyampe sana jam 11.45. Buset dah.
Setelah disasarin ama petugas busway (soalnya aku nurut petunjuk dia malah nyasar ampe stasiun Jatinegara), akhirnya aku menemukan pasar ikan hias yang ternyata berjejer di trotoar pinggir jalan kayak pedagang kaki lima gitu. Nggak cuma ikan aja yang dijual di sana. Ada juga berbagai macam burung. Aku sempet lihat2 burung yang ada di sana dan sempet jatuh cinta ama burung2 lovebird yang mungil dan warna-warni. Ada yang biru ama kuning. Aduuuuh lucu banget burungnya. Ada juga binatang2 laen kayak kucing, kelinci, ama hamster. Hewan2 eksotik juga ada kayak kelelawar, burung hantu, lutung, ampe burung elang. Dari bau2nya sih binatang langka juga dijual di sini, hmmm.... Ada juga yang jual jangkrik di sini, ditaruh di kotak kayu. Tapi emang sih, suaranya bagus banget. Yang bikin aku heran, di sini juga ada yang jual keong ama lintah segala. Eeeuuuwww, buat apa ya?
Balik ke rencana semula buat beli ikan, ternyata pasar ikan hias ini mengingatkan aku ama pasar ikan yang ada di Pasar Gede Solo. Mirip banget, ikannya dijual di plastik2 gitu. Satu plastik dijual 10 ribu. Biasanya sih ikan hias favorit tuh ikan mas. Namun aku pengalaman beberapa kali beli ikan mas mesti mati semua, jadi aku trauma *halah*. Semula aku pengen beli ikan guppy soalnya katanya sih gampang dipelihara. Tapi setelah liat ikannya, ternyata kecil2 dan nggak menarik. Aku malah akhirnya beli ikan cupang, satu ekor harganya 8 ribu. Warnanya biru, bagus banget. Kata yang jual, ikan cupang tuh daya tahannya tinggi, jadi nggak gampang mati *cocok buat owner yang abusive kayak aku hehehe*. Kupikir2 logis juga sih, soalnya kan biasanya diadu. Aku namain dia Stephan (padahal nggak tau itu cowok apa cewek).
Aku beli juga pakan buat Stephan, satu wadah 10 ribu. Semula sih aku ragu, soalnya pakannya bentuk butiran2 gitu yang kayaknya kegedean buat mulutnya Stephan yang mungil. Namun kata ibunya yang jual, entar pakannya larut kok. Aku percaya2 aja, soalnya di kakakku juga miara ikan merah kecil2 (nggak tahu namanya) dikasih pakan itu juga. Lebih kecil ikan2nya kakakku malah, dimakan Stephan juga bisa tuh ikan. Selain pakan, aku juga beli tanaman air kecil seharga 5 ribu (sebenarnya 10 ribu kalo beli 3) buat pasokan oksigen Stephan. Sebenarnya sih aku juga pengen beli akuarium buat Stephan, tapi sayang lagi krisis pasar saham nih, dolar naek jadi 11 ribu (apa hubungannya coba ama harga akuarium???) jadi kuurungin. Kapan2 aja, buat percobaan pake botol aqua dulu aja hehehe.
Ekspresi readers: “Kasian Stephan, dapet owner nggak jelas kayak gini...”
Setelah beli ikan, aku jalan2 bentar buat foto gereja tua GPIB Koinonia yang terletak tak jauh dari Pasar Jatinegara ini. Megah banget gerejanya. Di deket situ juga ada jembatan rel kereta api yang vintage banget.
Namun sayang, perjalanan pulangku nggak begitu mulus. Nyampe di Harmoni, antrean ke Lebak Bulus panjang banget. Begitu bus dateng, langsung deh pada masuk desak2an gitu. Yang bikin gue kesel, ada anak ingusan yang dengan kasar dempet2 gue. Aku ampe marah2 di atas busway, takutnya Stephan kegencet ama dia. Begitu kulongok, tuh kan bener, plastiknya bocor dan airnya tumpah (setelah kulihat di rumah, ternyata bukan kantongnya Stephan yang bocor, tapi kantong isi tanaman air tadi, fiuh...untung untung...). Soalnya sayang banget khan kalo belum nyampe rumah aja ikannya udah mati, rugi 8 ribu aku entar.
Ekspresi readers lagi: “Yaelah, kirain gara2 saking sayangnya ama binatang, ternyata gara2 itungan...”
Perjalanan pulang terasa lamaaaa banget (sekitar dua jam), aku jadi takut Stephan stress soalnya di dalam bus kan goyang2. Tapi pas kulepasin dia di kost, aku seneng banget liat si Stephan berenang2 dengan bebas sambil mengibas2kan ekornya (di dalam botol aqua 1,5 L yang udah gue modif hehehe). Liat aja deh ke depan, moga2 si Stephan nggak mati dan aku bisa miara dia dengan baik. Target berikutnya aku inspeksi ke Pasar Tanah Abang hehehe #udah kayak presiden aja#.
NB: Tuh kaaaaaan…tuh kaaaaaaan….baru seminggu belum ada miara Stephan, eh dia BERTELOR….bertelor cooooy!!! Buseeeet deh ternyata Stephan cewek hehehe. Langsung deh sekarang resmi kuganti nama jadi Elizabeth….naseeeb naseeeb….
MY TOP SEVEN CULINARY EXPERIENCES: HMMM...YUMMO!!!
Hallo para readers tercintaku! Kangen khan ama aku hahaha...
#Readers siap2 kabur#
Eit...eit bentar, kali ini aku punya something yang menarik buat kalian. Nggak kayak biasanya, kali ini aku akan membahas tentang pengalaman kuliner aku. Yang pasti pengalamanku ini dijamin akan membuat kalian ngeces2 saking kepengennya. Ini dia top seven of my culinary experience alias 7 makanan paling enak yang pernah kumakan hehehe. Perlu diingat kalo semua makanan ini gue BELI! Jadi kalo makanan yang gue beli masih terasa enak, berarti rasanya emang bener2 enak *soalnya biasanya yang enak itu yang gratisan hehehe* Apa aja maemannya? Silakan disimaaaaak....
#Perasaan readers langsung nggak enak, pasti ngaco semua isinya#
1. Mie Instan @ everywhere
Ekspresi readers: “Tuuuuuh kan ngacooooo”
Hahaha...c’mon guys...yang mau kutawarin ini bukan sembarang mie instan, tapi mie instan spesial, yakni mie Korea! Waduh, aku mah kalo ada yang namanya pake embel2 KOREA langsung comot aja.
Lagu korea #comot#
Mie Korea #comot#
Snack Korea #comot#
Baju impor Korea #comot#
Cewek Korea #apalagi#
Batik Korea #comot# ...............ada yang aneh................
Ada berbagai rasa mie Korea yang ditawarkan, mulai dari ramen (perasaan itu makanan Jepang ya) hingga rasa kimchi. Kimchi bukannya yang maen Boys Before Flower sih? Itu maaaaah Kim Bum hehehe #joke basi#. Kimchi tuh bukannya musuhnya Jang Geum? Itu mah Gem Young #lha kok jauh ya???#.
Udah2, serius nih sekarang. Ehem...mie Korea ini dengan mudah ditemukan di berbagai supermarket di penjuru Indonesia. Harganya berkisar antara 5 ribu – 10 ribu. Yang kusuka dari mie ini adalah ukurannya yang pas banget ama perut alias bikin kenyang. Harganya emang mahalan sih, tapi porsinya lebih gede ketimbang mie instan Indonesia yang timbangannya makin susut aja tiap kali BBM naek. Rasanya juga enak banget.
Sejujurnya gue sih bukan penggemar makanan pedas. Maklum lah, lidahku sensitif, sama kayak perasaanku #halah#. Tapi pedesnya mie Korea ini unik. Soalnya nggak kayak pedesnya cabe Indo, rasa pedesnya cepet hilang begitu dimakan, beda ama cabe yang bisa tahan berjam2.
Cuma ati2 ya kalo makan mie Korea impor ini, soalnya katanya bisa bikin kanker #apalagi yang selundupan#
Ekspresi pembaca yang sudah telanjur nyruput mienya: “GLEK...DAN LOE BARU BILANG SEKARANG???”
2. Nasi Kucing @ Solo
Buat yang nggak tahu, nasi kucing adalah nasi ditambah lauk berupa potongan bandeng (atau lebih tepatnya serpihan melihat ukurannya) dikasih sambel. Dinamain nasi kucing karena sebenarnya itu adalah makanan kucing (yang kalo terpaksa juga bisa dimakan oleh manusia). Nasi kucing ini banyak ditemukan di kampung halamanku di Jawa dan merupakan makanan wajib mahasiswa di Solo dan Yogya yang hidup di bawah garis kemiskinan (nggak usah protes, nyadar aja loe). Nasi kucing ini juga gemar kulahap pas aku *miskin* dulu. Sekarang mah nggak, amit2 dah. Sekarang aku udah kemajuan, udah mampu makan Hok-Ben paket hemat 02 huahahahaha *gitu aja dah bangga*
Tapi eksotik banget kan makanannya? Dijamin nggak bakal kalian temuin di foodcourt PIM.
3. Gado-gado @ Solo
Aku sangat berambisi membuat postingan ini begitu tahu kesenjangan sosial antara gado2 Jawa dengan gado2 Jakarta. Wahai para tukang gado2 Jakarta, lihat dan perhatikan baik2 menu gado2 *sejati* yang kufoto pas aku mudik ke Solo ini.
Ini nih yang namanya gado2, isinya ada telur, kerupuk, kentang, wortel, tahu, tempe, dan berbagai sayuran lainnya.
Perhatikan ukuran potongan wortelnya (bandingkan dengan ukuran sendok makan bukan sendok teh buat ngaduk gula#)
Perhatikan pula ukuran KENTANGNYA!
Jangan lupa TAHUNYA!
Juga ukuran KERUPUKNYA!
Dan ini setelah ditaburi coklat belgia, eh bumbu kacang...hmmmm yummmo!!!
Terakhir dan yang paling penting, gado2 sejati tidak pakai sayuran LAKNAT terkutuk di bawah ini!!!
Soalnya aku hampir nangis ampe kejang2 pas pertama kali beli gado2 di Jakarta. Udah kentangnya diiris setipis kertas, isinya cuma kol ama taoge, masih ditambahin pare pula .....aaaaaargh!!! Dan yang lebih parah lagi, dihargai 8 ribu! Padahal gado2 yang kufoto di atas 5 ribu aja dapet hiks. Wahai pembuat gado2, bertobatlah....bertobatlah....makanan yang kalian buat itu bukan gado2, tapi kobis bumbu kacang....
4. Cabuk Rambak @ Solo
Makanan ini salah satu kuliner khas Solo yang langsung kuincer pas aku mudik. Makanan ini isinya potongan lontong yang ditaburi saus khusus (nggak tau tapi sausnya dari apa), terus biar tambah khas dikasi “karak” (krupuk beras). Wah yang namanya karak ini nih bagian terenak dari makanan ini. Sehabis pindah ke Jakarta, aku kangen banget nih ama karak, soalnya ini adalah snack favorit aku sejak aku kecil dan tumbuh besar di Solo. Bahkan chitato pun nggak akan bisa menggantikan posisi karak ini di hatiku hiks. Karak ini makanan unik, soalnya justru semakin gosong semakin enak, crispy2 gimana getoh. Soooooo exotic!!!
NB: Foto cabuk rambak di atas kudapat dari ibu penjualnya yang berdagang di depan Sami Luwes Solo (depan Novotel Solo). Dan harganya cuma 3 ribu guys, gileeeee.
5. Mie Korea @ Tangerang
Lagi2 mie Korea tapi yang ini beneran dan makannya di restoran hahaha. Mie Korea ini bertemakan seafood, nggak heran ada udang ama cumi nongol di kuahnya. Rasanya juga nendang banget. Kalo ada Pak Bondan nyicipin, pasti komentarnya,
“Ya sudahlah...”
#wrong Bondan#.
Eh maksudnya, “Mak nyuuuus” hehehe.
Keunggulan lainnya, mie Korea ini kudapatkan dengan harga cukup terjangkau, yakni 20 K (dan saat itu masih dapat diskon pula). Pasti penasaraaaaaaaan dong para readers, dimana sih aku makannya? Restorannya namanya TORA-TORA dan terletak di daerah gading Serpong Tangerang (nggak jauh dari mall SMS kok). Nggak cuma makanan Korea, ada makanan Jepang juga.
Aduuuh para wirausahawan franchise di luar sana, ayo dong buat franchise makanan Korea yang murah meriah. Soalnya steak kan udah banyak, pastinya laris tuh buat nongkrong ABG apalagi yang labil. Kalo bisa dibikin model HIK gitu hehehe *bisa nggak ya*
6. Bebek Kremes @ Depok
Semua insan Tuhan pasti tahu kali aku adalah pecinta bebek goreng, apalagi yang kremes2. Aku mah mendingan bebek daripada ayam. Nah nggak tahu kenapa paaaas banget aku lagi kepengen makan bebek, kakakku menyediakan menu itu pas aku mudik ke rumahnya di Depok. Waduw, endang markonah lagi bebek kremesnya. Besoknya aku diajak ama kakakku langsung ke resto penjualnya buat beli lagi, maklum porsinya emang pas buat makan sekeluarga. Padahal jauh banget lho ama humz kakakku, ada di daerah Margonda (deket mall Margo City). Tapi ama kakakku dibela2in banget, secara enak getoh. Ternyata nama restonya kocak banget, “Ayam Semmes” alias Ayam Semua Mesen *asal nggak SMS semes makan so nice aja hehehe* (najong gua liat iklannya).
Ada paket ayam “terbakar” juga lho, super pedes katanya. Coba aja kalo kalian pas mampir ke Depok.
7. Pindang @ Lampung
Wauuuuuu...ini dia makanan eksotik khas Zumatra (lebay banget nyebutnya). Asli Palembang sih, tapi aku dapetnya pas backpakeran ke Lampung. Asli enak banget. Isinya ikan yang dihidangin dengan kuah yang segeeeeeeer. Uenak tenak rek pokoke. Walaupun duri ikannya segede king-kong (lupa nama ikannya) tapi tetep nggak mengurangi kelezatan makanan tradisional ini. Oya, dihidanginnya juga ama sambal buah lho.
Nah itulah guys, 7 kelezatan kuliner yang bisa kutawarin ke kalian. Jadi ingat dulu zaman bahueula pas aku kecil ada kartun “Born To Cook” yang isinya tentang masak-memasak. Yang paling kuinget dulu pas makanannya dimakan, kelezatan makanannya digambarkan dengan khayalan si pencicipnya yang melayang kemana2 untuk mendramatisir (masih inget nggak sih guys hehehe). Ini nih versi gila untuk menggambarkan kedramatisan saat makan resep2 kuliner ciamik di atas ala blog Mengaku Backpacker *yang dari sononya emang udah lebay*
Begitu makan: tiba2 berada di sinteron dubbingan Indosiar. Tiba2 muncul naga yang membuat warga Singosari panik, “Ki Sanak....tolong...Ki Sanak...” entah kenapa di antara warga Majapahit kuno juga berlarian Aladin ama Catwoman. Tiba2 si naga berkata, “Jangan takut, saya cuma memberitahu ada restoran enak di Depok...” tiba2 juga muncul pula pendekar mengeluarkan sinar laser dari tangannya membentuk tulisan,
“Eat at Ayam Semmes....”
Lalu muncul SM*SH (masih dengan susah payah ngejiplak Suju) nari2 sambil nyanyi, “Traktir Traktir Mie Korea…”
Udah ah tamat...ngelantur kemana2 entar postingannya ....









